Beranda » Adventure » SSst! Ini 5 Rahasia Guide Pariwisata yang Jarang Diketahui!

5 Fakta Tentang Guide Pariwisata Yang Harus Anda Tahu Bagi Orang Awam,

Guide Pariwisata atau kelihatannya merupakan profesi yang sangat menarik. Mereka bisa berjalan-jalan gratis ke banyak tempat wisata sekaligus mendapat uang. Tapi tahukah Anda bahwa tour guide juga sering mengalami berbagai kendala selama bertugas? Mulai dari soal gaji hingga hal-hal yang tak disukai, inilah 5 fakta tentang Guide Pariwisata yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Gaji Yang Cukup Menggiurkan

Walau tidak semua, bukan rahasia lagi bila kebanyakan pemandu wisata bisa mendapatkan uang yang cukup banyak dari pekerjaannya. Pemandu wisata yang bekerja di sebuah perusahaan pastinya akan mendapat gaji tetap. Selain itu mereka juga bisa mendapatkan uang tip dari para tamu/klien yang mereka dampingi selama berwisata.

2. Tour Guide Pasti Mengharapkan Tip

Tak sedikit wisatawan yang beranggapan bahwa mereka tak perlu memberikan tip pada seorang pemandu wisata, alasannya karena mereka sudah membayar biaya perjalanan. Seorang pemandu wisata memang tidak akan pernah meminta tip, namun hampir semuanya pasti mengharapkan adanya tip tambahan dari para klien, apalagi bila mereka termasuk tour guide bergaji kecil.

3. Paling Tidak Suka Pertanyaan Personal

Pemandu wisata selalu akrab dengan beragam pertanyaan dari para klien dan mereka akan dengan senang hati menjawabnya. Anda pun bisa menanyakan banyak hal, mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan tempat pariwisata, masalah hotel, maupun jadwal perjalanan. Tapi sebaiknya hindari bertanya tentang hal-hal yang bersifat terlalu pribadi, misalnya menanyakan berapa gaji mereka atau bertanya soal keluarga.

BACA JUGAMau Gabung Open Trip? Ketahui 5 Hal Ini!

4. Menyembunyikan Masalah Perjalanan

Di balik wisata Anda yang berjalan lancar dan menyenangkan, pasti ada beberapa kendala yang terjadi dan mungkin tidak pernah Anda sadari, misalnya kamar hotel yang belum siap atau ban kendaraan yang mendadak bocor. Seorang tour guide yang baik pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk menutupi semua masalah tersebut, mereka akan menyelesaikannya secara sigap dan memastikan kliennya merasa puas.

5. Punya Kesabaran Tingkat Tinggi

Menjadi pemandu wisata sebenarnya butuh kesabaran tinggi karena harus berhadapan dengan banyak orang. Mereka harus siap menghadapi berbagai pertanyaan maupun sikap para kliennya. Bertemu dengan klien yang sedikit menjengkelkan adalah hal yang biasa terjadi, bahkan tak jarang ada klien yang sok tahu, egois, bahkan sering marah-marah. Tapi seperti apapun sikap sang klien, pemandu wisata dituntut profesional dan bisa mengerjakan semua tugasnya dengan baik.

CEK JUGA :  Jadwal Open trip Ara Adventure

Itulah beberapa fakta tentang guide pariwisata yang mungkin belum Anda ketahui. Meski terlihat mudah dan menyenangkan, profesi yang satu ini tak bisa dianggap remeh, pasalnya seorang Guide Pariwisata tak hanya harus berwawasan luas, tapi juga harus memiliki fisik dan mental yang kuat.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

1 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.