Beranda » artikel » Jalan-Jalan Ke Banyuwangi? Rugi Kalau Tidak Mencicipi Makanan Khas Banyuwangi yang Satu Ini

Sedang Berada Di Banyuwangi, Cobain Makanan Khas Banyuwangi, yuk!

Makanan khas Banyuwangi adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Banyuwangi. Kota yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini, nyatanya tidak hanya menyimpan keelokan wisata kotanya. Di kota ini Anda juga bisa menemukan wisata kuliner yang belum tentu Anda temukan di daerah lain.

Penasaran dengan wisata kuliner Banyuwangi, daftar makanan khas yang terkenal di Banyuwangi ini tidak boleh terlewatkan dari jadwal perjalanan Anda. Berikut ini daftarnya;

  1. Sego Cawuk

Makanan ini sering dijadikan sebagai sarapan khas kota Banyuwangi. Makanan yang berupa nasi putih yang dicampur dengan gecok yaitu parutan kelapa muda bercampur dengan pipilan jagung bakar yang pedas.

Untuk menambah kenikmatan makanan ini Anda bisa melengkapinya dengan berbagai lauk seperti telur pindang, pepes ikan atau jika ingin semakin nikmat bisa menambahkan kuah pindang yang gurih serta sambel serai dan daun semanggi yang dikukus. Tidak susah menemukan makanan ini saat berada di Banyuwangi karena telah menjadi sarapan khas Banyuwangi.

  1. Rujak Soto

Mungkin dibenak Anda nama makanan ini terasa aneh. Namun, makanan unik ini memang hanya ada di Banyuwangi. Paduan rujak sayur yang disiram dengan kuah soto dengan irisan daging akan menambah sensasi lezat makanan ini. Jika Anda masih lapar saat menikmati makanan ini maka bisa menambahkan lontong ke dalamnya.

BACA JUGA : Cobain Yuk! 6 Wisata Hitz Banyuwangi

  1. Sego Tempong

Makanan khas Banyuwangi yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Nasi putih panas dengan sayur rebus dan sambel mentah yang sangat pedas ini menjadi makanan yang paling banyak dicari bagi penyuka makanan pedas. Sambal yang disajikan memang super pedas hingga rasanya saat menikmati makanan ini seperti ditampar. Karena itu makanan ini disebut Sego Tempong.

Untuk menikmati makanan ini Anda bisa memilih banyak lauk yang disediakan, misalnya gimbal jagung, Ikan asin, pepes ikan laut dan ayam goreng.

  1. Pecel Pitik

Di daerah Jawa lainnya mungkin Anda bisa menemukan makanan pecel khas dengan sayur dan bumbu kacangnya. Namun, pecel khas Banyuwangi agak berbeda. Makanan ini pada awalnya hanya muncul saat selametan saja, tapi kini telah menjadi bagian kuliner khas Banyuwangi yang selalu dicari.

Makanan khas ini adalah berupa parutan kelapa muda yang dibumbui dan dicampur dengan suwiran ayam kampung yang gurih. Untuk mendapatkan makanan ini di Banyuwangi tidaklah susah. Karena hampir setiap sudut kota Banyuwangi bisa didapatan makanan ini. Kelezatannya telah terkenal dan memikat lidah wisatawan.

  1. Pecel Rawon

Satu lagi makanan khas Banyuwangi yang terdengar aneh, tapi menggugah selera. Adalah Pecel Rawon, makanan ini memang paduan antara pecel dengan sayur dan sambal kacangnya yang kemudian disiram dengan kuah rawon. Warna kuahnya yang hitam yang berpadu dengan lezatnya pecel makin menambah kenikmatan makanan ini. Pastikan Anda tidak melewatkan makanan ini saat berkunjung ke Banyuwangi karena di tempat Anda mungkin tidak ada makanan seperti ini.

  1. Pindang Koyong

Sensasi saat merasakan makanan ini pertama kali adalah rasa pedas asemnya. Kuah yang gurih segar dari ikan bercampur asam dari potongan belimbing wuluh, sayur serta cabe rawit adalah ciri khas makanan yang satu ini. Belum lagi ditambah dengan rasa daging ikan yang lembut. Wajib Anda coba!

  1. Ayam Pedas

Mendengar namanya sudah pasti makanan ini identik dengan rasa yang pedas. Namun, bagi Anda yang tidak suka pedas tetap bisa menikmati makanan ini karena disediakan menu yag tidak pedas.

Makanan ini adalah ayam yang dibakar kemudian dicampur dengan kuah santan yang pedas yang akan menambah kenikmatan makanan ini. Makanan ini juga banyak dicari pengunjung kota Banyuwangi karena kekhasan rasanya. Jadi saat Anda berada di Banyuwangi jangan sampai tidak menikmati makanan ini.

CEK JUGA :  Jadwal Open trip Ara Adventure

Makanan khas Banyuwangi adalah aset wisata kuliner yang tidak boleh begitu saja dilewatkan dan harus dilestarikan karena akan memperkaya khazanah kuliner khas nusantara. Selamat berwisata kuliner.

 

 

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

1 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.